Proses Perbaikan Pada Gangguan Jaringan Fiber To The Tower (Fttt) Site Telkomsel “Plg182” Stisipol Dengan Topologi Jaringan G-Pon

Authors

  • Muhammad Irfan Karim Irfan Student

Abstract

Sejalan dengan berkembangnya era globalisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telekomunikasi juga berkembang dengan sangat pesat. Oleh kerena itu untuk dapat menyesuikan dengan perkembangan tersebut dibutuhkan juga sumber daya manusia yang mampu beradaptasi akan perkembangan tersebut, sehingga mampu membantu meningkatkan kinerja serta menyelesaikan permasalahan yang timbul nantinya pada dunia kerja. Karena itu pula dengan adanya kerja Praktik bagi mahasiswa merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang nantinya kerja Praktik tersebut dapat memberikan kesempatan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk lebih mengenal lagi tentang dunia kerja.

Kerja Praktik ini merupakan mata kuliah wajib dengan bobot 2 Sks bagi mahasiswa Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya. Dimana kerja Praktik ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah di dapat pada saat kuliah yang kemudian di aplikasikan di prusahaan tersebut nantinya.

Oleh karena itu untuk memenuhi mata Kuliah Wajib ini, Penulis memilih untuk melakukan kerja Praktik di PT Telkom Indonesia. Dimana PT Telkom Indonesia adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan telepon dengan jumlah tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta. Dengan berkembangnya ilmu teknologi yang semakin pesat serta semua hal yang serba cepat, maka dari itu PT Telkom Indonesia bermigrasi dari yang sebelumnya menggunakan kabel tembaga kemudian sekarang menggunakan Kabel Serat Optik. Kabel Fiber Optik memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari jenis kabel sebelumnya. Salah satu kelebihan yang di miliki oleh Kabel Fiber Optik yaitu memiliki kemampuan menghantarkan data dengan kapasitas besar serta jarak transmisi yang sangat jauh, dengan kapasitas Gigabyte per detik sehingga memberikan kebebasan bagi perusahaan – perusahaan internet dan telepon memilik bandwith tinggi. Pada laporan kerja Praktik ini penulis mengangkat judul “PROSES PERBAIKAN PADA GANGGUAN JARINGAN FIBER TO THE TOWER (FTTT) SITE TELKOMSEL “PLG” DENGAN TOPOLOGI JARINGAN G-PON”.

Published

2023-11-15

Issue

Section

Articles